S2 Pendidikan Bahasa Inggris Berorientasi Pendidikan, Teknologi, dan Kewirausahaan (Edutechpreneurship)
Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Negeri Surabaya (Unesa), berkomitmen untuk mempromosikan Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris yang berorientasi pendidikan, penelitian, teknologi pembelajaran, dan kewirausahaan. Hal tersebut telah tertuang dalam dokumen-dokumen kurikulum dan turunannya yang menargetkan lulusan Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris, Unesa, sebagai pendidik, peneliti, dan pakar teknologi pendidikan dan pembelajaran yang bernaluri kewirausahaan. Edutechpreneurship atau Edutechnopreneurship kemudian menjadi istilah yang terasosiasi dengan Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris, Unesa.
Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya, dan Koordinator Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris, Unesa, Ahmad Munir, M.Ed., Ph.D., berharap agar tim kurikulum dan dosen yang ber-homebase di Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris, Unesa, dapat mengarahkan mahasiswa dan mahasiswi untuk mencapai target-target yang disepakati sesuai dengan apa yang tertuang dalam dokumen-dokumen penunjang pembelajaran dengan mempromosikan pilar-pilar pendidikan, penelitian, teknologi pembelajaran, dan kewirausahaan dalam setiap kegiatan akademik dan non-akademik.
Detail Visi, Misi, dan Tujuan Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris, Unesa
Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris, Unesa, terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memperkuat kolaborasi antara dosen, mahasiswa, dan mitra industri. Salah satu fokus utama adalah penerapan metode pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) dan riset kolaboratif, di mana mahasiswa tidak hanya diharapkan menguasai teori tetapi juga memiliki pengalaman praktis dalam menyelesaikan masalah-masalah pendidikan dan teknologi yang relevan dengan kebutuhan pasar.
Selain itu, program-program tersebut juga aktif menjalin kerjasama internasional dengan institusi pendidikan di luar negeri. Melalui program pertukaran mahasiswa, seminar internasional, dan proyek penelitian bersama, mahasiswa dapat memperluas wawasan dan keterampilan mereka dalam konteks global. Ini sejalan dengan visi Unesa untuk mencetak lulusan yang tidak hanya kompeten di tingkat nasional tetapi juga mampu berkompetisi di tingkat internasional.
Melalui pendekatan interdisipliner dan fokus pada edutechpreneurship, Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan melahirkan lulusan yang memiliki keterampilan pedagogis dan kewirausahaan yang unggul. Mahasiswa akan dibekali dengan kompetensi untuk mengembangkan solusi inovatif dalam bidang pendidikan dan teknologi, serta memiliki jiwa wirausaha yang siap menghadapi tantangan dan peluang di era digitalisasi pendidikan.