Program Learning Outcome (PLO) program studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris UNESA
PLO | Sikap | Pengetahuan | K. Umum | K. Khusus | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Profil Lulusan | 1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 1 | 2 | 3 |
Pendidik | ✓ | ✓ | ✓ | ✓ | ✓ | ✓ | ✓ | ✓ | ||||
Peneliti | ✓ | ✓ | ✓ | ✓ | ✓ | ✓ | ✓ | |||||
Edutechpreneur | ✓ | ✓ | ✓ | ✓ | ✓ | ✓ | ✓ | |||||
Urutan | 1 | 2 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 3 | 10 | 11 | 12 |
PLO 1
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
PLO 2
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan.
PLO 3
Mengembangkan pemikiran logis kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan.
PLO 4
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
PLO 5
Menguasai teori, konsep dan model belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing untuk pembelajaran Bahasa Inggris umum dan Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu berbasis teknologi pembelajaran.
PLO 6
Menguasai teori, konsep dan model pengembangan program pembelajaran dan evaluasi program pembelajaran Bahasa Inggris yang mendidik untuk pembelajaran Bahasa Inggris umum dan pembelajaran Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu.
PLO 7
Menguasai metodologi penelitian yang relevan untuk pembelajaran bahasa.
PLO 8
Menguasai teori dasar dan manajemen kewirausahaan.
PLO 9
Sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, setelah makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional.
PLO 10
Mampu menghasilkan desain atau model pembelajaran yang inovatif dan teruji berbasis teknologi pembelajaran untuk bahasa Inggris umum atau bahasa Inggris untuk tujuan tertentu.
PLO 11
Mampu berkontribusi dalam merencanakan sebuah peta jalan riset dalam bidang belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing dan pengembangan dalam bidangnya melalui pendekatan inter – atau multidisipliner.
PLO 12
Mampu mengembangkan, mengelola dan mengevaluasi ide kewirausahaan di bidang Bahasa Inggris.
PLO/CPL: ASPEK SIKAP
S 1
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya.
S 2
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan, serta bertanggung jawab secara profesional dan etis.
S 3
Mengembangkan diri secara berkelanjutan, berkomunikasi, dan berkolaborasi.
PLO/CPL: ASPEK PENGETAHUAN
P1
Menguasai teori, konsep dan model belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing untuk pembelajaran Bahasa Inggris umum dan Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu berbasis teknologi pembelajaran.
P2
Menguasai teori, konsep dan model pengembangan program pembelajaran dan evaluasi program pembelajaran Bahasa Inggris yang mendidik untuk pembelajaran Bahasa Inggris umum dan pembelajaran Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu.
P3
Menguasai metodologi penelitian yang relevan untuk pembelajaran bahasa.
P4
Menguasai teori dasar dan manajemen kewirausahaan.
PLO/CPL: ASPEK KETERAMPILAN UMUM
KU1
Sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, setelah makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional.
KU2
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
PLO/CPL: ASPEK KETERAMPILAN KHUSUS
KK1
Mampu menghasilkan desain atau model pembelajaran yang inovatif dan teruji berbasis teknologi pembelajaran untuk bahasa Inggris umum atau bahasa Inggris untuk tujuan tertentu.
KK2
Mampu berkontribusi dalam merencanakan sebuah peta jalan riset dalam bidang belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing dan pengembangan dalam bidangnya melalui pendekatan inter – atau multidisipliner.
KK3
Mampu mengembangkan, mengelola dan mengevaluasi ide kewirausahaan di bidang Bahasa Inggris.
Matrix Mata Kuliah - PLO
No. | Nama Mata Kuliah | SKS | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 19 | 11 | 12 |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Philosophy of Language Education | 2 | ||||||||||||
2 | Issues of Language Learning in Global Contexts | 2 | ||||||||||||
3 | Curriculum and Syllabus in ELT | 3 | ||||||||||||
4 | Advanced Teaching Learning Methodology in ELT | 2 | ||||||||||||
5 | ELT Research Methodology | 3 | ||||||||||||
6 | Second Language Acquisition | 2 | ||||||||||||
7 | Material Development in ELT | 3 | ||||||||||||
8 | Assessment and Evaluation in ELT | 3 | ||||||||||||
9 | IT-Based English Education Entrepreneurship | 2 | ||||||||||||
10 | Literature in ELT | 2 | ||||||||||||
11 | IT-Based Innovation in ELT | 2 | ||||||||||||
12 | ELT Research Proposal | 3 | ||||||||||||
13 | Internship | 4 | ||||||||||||
14 | Research Instrument Development | 2 | ||||||||||||
15 | Publication | 4 | ||||||||||||
16 | Seminar Hasil Penelitian | 2 | ||||||||||||
17 | Tugas Akhir | 7 | ||||||||||||
18 | Applied Linguistics in ELT* | 2 | ||||||||||||
19 | Applied Psycholinguistics* | 2 | ||||||||||||
20 | Discourse Analysis* | 2 | ||||||||||||
21 | Theory and Practice of Translation* | 2 | ||||||||||||
22 | Genre-based translation* | 2 | ||||||||||||
23 | Translation criticism* | 2 | ||||||||||||
24 | Weaving Literacy into the Curriculum* | 2 | ||||||||||||
25 | Content-area Literacy* | 2 | ||||||||||||
26 | Differentiated Instruction* | 2 | ||||||||||||
TOTAL SKS YANG DITAWARKAN | 66 | |||||||||||||
SKS WAJIB | 46 | |||||||||||||
SKS PILIHAN | 6 | |||||||||||||
SKS LULUS | 54 |