Program Learning Outcome (PLO) program studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris UNESA
PLO 1
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
PLO 2
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
PLO 3
Menunjukkan sikap kepemimpinan dan bekerja sama dalam tim.
PLO 4
Menguasai teori, konsep dan model belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing untuk pembelajaran Bahasa Inggris umum dan Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu berbasis teknologi pembelajaran.
PLO 5
Menguasai teori, konsep dan model pengembangan program pembelajaran dan evaluasi program pembelajaran Bahasa Inggris yang mendidik untuk pembelajaran Bahasa Inggris umum dan pembelajaran Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu.
PLO 6
Menguasai metodologi penelitian yang relevan untuk pembelajaran bahasa.
PLO 7
Menguasai teori dasar dan manajemen kewirausahaan.
PLO 8
Sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, setelah makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional.
PLO 9
Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggungjawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
PLO 10
Mampu menghasilkan desain atau model pembelajaran yang inovatif dan teruji berbasis teknologi pembelajaran untuk bahasa Inggris umum atau bahasa Inggris untuk tujuan tertentu.
PLO 11
Mampu berkontribusi dalam merencanakan sebuah peta jalan riset dalam bidang belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing dan pengembangan dalam bidangnya melalui pendekatan inter– atau multidisipliner
PLO 12
Mampu mengembangkan, mengelola dan mengevaluasi ide kewirausahaan di bidang Bahasa Inggris.
PLO/CPL: ASPEK SIKAP
S 1
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya.
S 2
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan, serta bertanggung jawab secara profesional dan etis.
S 3
Mengembangkan diri secara berkelanjutan, berkomunikasi, dan berkolaborasi.
PLO/CPL: ASPEK PENGETAHUAN
P1
Menguasai teori, konsep dan model belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing untuk pembelajaran Bahasa Inggris umum dan Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu berbasis teknologi pembelajaran.
P2
Menguasai teori, konsep dan model pengembangan program pembelajaran dan evaluasi program pembelajaran Bahasa Inggris yang mendidik untuk pembelajaran Bahasa Inggris umum dan pembelajaran Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu.
P3
Menguasai metodologi penelitian yang relevan untuk pembelajaran bahasa.
P4
Menguasai teori dasar dan manajemen kewirausahaan.
PLO/CPL: ASPEK KETERAMPILAN UMUM
KU1
Sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, setelah makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional.
KU2
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
PLO/CPL: ASPEK KETERAMPILAN KHUSUS
KK1
Mampu menghasilkan desain atau model pembelajaran yang inovatif dan teruji berbasis teknologi pembelajaran untuk bahasa Inggris umum atau bahasa Inggris untuk tujuan tertentu.
KK2
Mampu berkontribusi dalam merencanakan sebuah peta jalan riset dalam bidang belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing dan pengembangan dalam bidangnya melalui pendekatan inter – atau multidisipliner.
KK3
Mampu mengembangkan, mengelola dan mengevaluasi ide kewirausahaan di bidang Bahasa Inggris.