Benchmarking S2 Pendidikan Bahasa Inggris FBS Unesa ke S2 Pendidikan Bahasa Inggris FS Universitas Negeri Malang
Tim dosen Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris FBS Universitas Negeri Surabaya melaksanakan Benchmarking kurikulum dan pembelajaran ke Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang pada hari Selasa, 26 Maret 2024.
Delegasi Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris FBS Universitas Negeri Surabaya dipimpin oleh Korprodi Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D., disertai oleh UPM Dr. Widyastuti, dan Ketua Tim Kurikulum Prof. Dr. Lies Amin Lestari, M.A., M.Pd., serta Dr. Him’mawan Adi Nugroho dan Tim Laporan Evaluasi Diri Akreditasi Prodi, Dr. Wiwiet Eva Savitri. Delegasi Universitas Negeri Surabaya disambut dengan hangat oleh Wakil Dekan 2 Fakultas Sastra, Dr. Edy Hidayat, S.Pd., M.Hum., Ketua Departemen Sastra Inggris, Dr. Suharyadi, Koordinator Prodi S2-S3 Pendidikan Bahasa Inggris, Prof. Dra. Nunung Suryati, M.Ed., Ph.D. dan Sekretaris Departemen Sastra Inggris, Rahmati Putri Yaniafari, S.Pd., M.Pd.
Dalam sambutannya, Dr. Edy Hidayat, S.Pd., M.Hum. menyambut baik kunjungan tim S2 Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Surabaya. Beliau menekankan untuk menjalin Kerjasama erat dalan tridarma perguruan tinggi dengan sesama PTNBH terdekat dari Malang, yaitu Universitas Negeri Surabaya. Mewakili rombongan dari Universitas Negeri Surabaya, Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D., menyampaikan terimakasih atas sambutan hangat FS Universitas Negeri Malang, serta menyampaikan maksud dantujuan kunjungan yaitu untuk benchmarking kurikulum dan pembelajaran S2 Pendidikan Bahasa Inggris FBS Universitas Negeri Surabaya dengan kurikulum dan pembelajaran S2 Pendidikan Bahasa Inggris FS Universitas Negeri Malang yang sudah terakreditasi internasional AQAS.

Dalam diskusi perbandingan kurikulum dan pembelajaran kedua prodi, terungkap banyaknya kesamaan matakuliah di kedua prodi, namun juga ada beberapa perbedaan, Kedua prodi berfokus pada menghasilkan lulusan pendidik Bahasa Inggris professional serta peneliti Pendidikan Bahasa Inggris. Namun, jumlah mata kuliah penguat keilmuan di kedua prodi ada sedikit perbedaan. Proses pembelajaran di S2 Pendidikan Bahasa Inggris FS Universitas Negeri Malang memberikan memberikan penguatan di dalam dan di luar kelas terutama untuk mendukung publikasi ilmiah sebagai syarat kelulusan. Sarana dan prasarana yang lengkap di FS Universitas Negeri Malang sangat mendukung belajar mahasiswa secara efektif dan berkualitas. Tim Benchmarking S2 Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Surabaya belajar banyak dari prestasi S2 Pendidikan Bahasa Inggris FS Universitas Negeri Malang.

Kegiatan benchmarking diakhiri dengan pertukaran cideramata dari masing-masing pihak.