Referensi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Yang Wajib Anda Baca
Berikut ini disajikan referensi atau daftar rujukan tentang penelitian tindakan kelas (PTK) yang wajib Anda baca. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah metode dengan pendekatan investigatif yang dilakukan untuk tujuan peningkatan praktik pendidikan dan untuk memperbaiki isu atau masalah atau potensi masalah dalam pengajaran dan pembelajaran kelas. Artikel tentang pelaksanaan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) telah diulas didalam artikel yang berjudul Panduan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Berikut ini daftar referensi penelitian tindakan kelas (PTK) yang wajib Anda baca untuk mempertajam pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) Anda. Daftar referensi buku tentang PTK berikut ini tersedia dalam versi cetak dan versi PDF. Untuk mendapatkannya, silakan mengakses ke berbagai perpustakaan digital.
- Action Research for the Classroom: A Guide to Values-Based Research in Practice oleh Máirín Glenn, Bernie Sullivan, Mary Roche, Caitriona McDonagh
- Making Classroom Inquiry Work: Techniques for Effective Action Research oleh Robert P. Pelton; Stephanie Cucunato; Ellen Ballock; Sean F. Biancaniello; Stefan L. Biancaniello; Barbara Bisset; Frances Bond; Rachel Carpenter; Linda A. Catelli; Reagan Curtis
- The Role of Research in Teachers' Work: Narratives of Classroom Action Research oleh Lesley Scanlon
- Student Voice, Teacher Action Research and Classroom Improvement oleh Lisa M. Bell, Jill M. Aldridge
- Action Research for Teacher Candidates: Using Classroom Data to Enhance Instruction oleh Robert P. Pelton
- Integrating Teaching, Learning, and Action Research: Enhancing Instruction in the K-12 Classroom oleh Ernest (Ernie) T. Stringer, Dr. Lois McFadyen Christensen, Dr. Shelia C. Baldwin
Daftar sumber diatas mengulas PTK dengan sangat lugas dan jelas. Beberapa bahkan memberikan contoh prosedur, pelaksanaan, dan teknik pelaporan dengan sangat jelas dan rinci.
Langkah-Langkah PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
Sebagai informasi tambahan, berikut ini langkah-langkah pelaksanaan PTK.
- Perencanaan: Mengidentifikasi masalah atau area yang perlu diperbaiki di dalam kelas.
- Tindakan: Menerapkan strategi atau intervensi berdasarkan masalah yang diidentifikasi.
- Observasi: Mengumpulkan data untuk menilai efektivitas strategi yang diterapkan.
- Refleksi: Menganalisis data dan merenungkan hasilnya untuk menentukan apa yang berhasil dan apa yang tidak, yang dapat memberi informasi untuk praktik pengajaran di masa depan.
PTK membuka peluang untuk guru melakukan penyelidikan secara terstruktur dan tersistematis dalam penyelidikan metode pengajaran yang mereka terapkan dan menyesuaikan pengajaran mereka berdasarkan bukti-bukti yang dikumpulkan di kelas mereka.