Desain Instruksional Model ASSURE
Sebelumnya telah dibahas jenis-jenis desain instruksional yang meliputi desain instruksional model ADDIE, model 4D, model Dick & Carey, model KEMP, dan model rapid prototyping. Artikel kali ini difokuskan untuk mengulas desain instruksional model ASSURE.
Istilah ASSURE adalah akronim dari analisis of learners' characteristics (analysis karakteristik peserta didik); state objective (menyatakan tujuan); select, modify, or design materials (memilih, mendesan, atau mendesain materi pembelajaran); utilize learner response (memanfaatkan respon peserta didik); require learner participation (keterlibatan peserta didik), dan evaluation and revision (evaluasi dan revisi) (Baran, 2010).
Langkah-Langkah Desain Instruksional Model ASSURE

Berikut ini penjabaran dari langkah-langkah desain instruksional model ASSURE (Heinich, dkk., 1999).
Analisis
Komponen analisis peserta didik menekankan pentingnya melakukan analisis berdasarkan pengamatan, masukan dari peserta didik, karakteristik dan ciri-ciri umum peserta didik, dan gaya belajar peserta didik. Tahapan-tahapan dalam fase analisis dapat disesuaikan dengan kebutuhan, tergantung dari tujuan desain dan pengembangan yang ditargetkan. Dalam konteks pendidikan, tahapan analisis dapat mengikuti pola needs analysis dan environment analysis yang telah pakem.
State Objective
Setelah melakukan analisis, langkah berikutnya adalah menyatakan tujuan dengan jelas. Pada poin ini, peneliti dan/atau pengembang akan merumuskan tujuan-tujuan yang memungkinkan untuk dicapai (reliabel). Tujuan-tujuan yang dirumuskan dalam tahapan ini nantinya akan dijadikan sebagai tolok ukur apakah desain dan pengembangan yang dilakukan telah memenuhi kriteria atau belum, jika telah memenuhi kriteria, sejauh mana kriteria tersebut telah dipenuhi atau dicapai.
Selecting Instructional Methods, Media, and Materials
Pada tahapan ini, peneliti dan/atau pengembang atau pengembang Yang dimaksud dengan “memilih metode, media dan materi” adalah guru harus memilih yang tepat metode, media dan materi daripada mengembangkannya
Utilize Media and Materials
Pada tahapan ini, peneliti dan/atau pengembang memilih rencana pelaksanaan pembelajaran yang mencakup media, materi pembelajaran, aktivitas, dan evaluasi pembelajaran.
Require Learner Participation
Tahapan ini mengharuskan peneliti dan/atau pengembang untuk sebisa mungkin membuat peserta didik terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Tahapan ini sangat penting dan krusial dalam desain instruksional model ASSURE karena seluruh kegiatan yang dilakukan dalam tahapan ini akan menentukan keberhasilan sebuah pengembangan.
Evaluation and Revision
Pada tahapan ini, peneliti melakukan evaluasi dan revisi dengan mengacu pada pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kriteria dan tujuan yang telah ditetapkan. Tahapan ini juga menginformasikan apakah siklus pengembangan perlu diulang ataukah dinyatakan selesai. Ketika hasil evaluasi telah mencapai kriteria yang telah ditetapkan, maka pengembangan dinyatakan selesai dan siap digunakan. Namun ketika hasil evaluasi belum mencapai tujuan yang ditetapkan, maka siklus pengembangan harus diulang hingga hasil evaluasi sesuai dengan kriteria dan tujuan yang telah ditetapkan.
Publikasi Jurnal Terindeks Scopus yang Menggunakan Desain Instruksional Model ASSURE
Berikut ini daftar publikasi jurnal terindeks Scopus yang menggunakan model ASSURE.
- Lei, G. (2024). Influence of ASSURE model in enhancing educational technology. Interactive Learning Environments, 32(7), 3297-3313, ISSN 1049-4820: doi: 10.1080/10494820.2023.2172047
- Cai, J.Y. (2023). Application of ASSURE Model in International Chinese Language Smart Education. ACM International Conference Proceeding Series, 73-80: doi: 10.1145/3608218.3608220
- Choi, E. (2022). Development of Blockchain Learning Game-Themed Education Program Targeting Elementary Students Based on ASSURE Model. Sustainability (Switzerland), 14(7), ISSN 2071-1050: doi: 10.3390/su14073771
- Utama, I.D. (2022). Assessing Critical Thinking Skills and Creativity Skills of Higher Education Students by Using ASSURE Models. Journal of Higher Education Theory and Practice, 22(1), 54-65, ISSN 2158-3595: doi: 10.33423/jhetp.v22i1.4958
- Zubaedi (2020). The use of the ASSURE model in developing animation video as english teaching materials for Islamic kindergarten students. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 11(10), 1-19, ISSN 2201-1315
- Sumiarto, N. (2020). The Enhancement of Mathematical Creative Thinking and Logical Thinking Ability, and Student Habits of Mind in Junior High School Through ASSURE Learning Model. Proceedings of the 7th Mathematics, Science, and Computer Science Education International Seminar, MSCEIS 2019: doi: 10.4108/eai.12-10-2019.2296407
- Goode, P. (2018). Using the ASSURE Model and Gagne’s 9 Events of Instructions as a Teaching Strategy. Nurse Educator, 43(4), 205, ISSN 0363-3624: doi: 10.1097/NNE.0000000000000514
- Kim, D. (2016). Examining the Use of the ASSURE Model by K–12 Teachers. Computers in the Schools, 33(3), 153-168, ISSN 0738-0569: doi: 10.1080/07380569.2016.1203208
- Juan, X. (2011). ASSURE model training for teachers of teaching Chinese as a second language. 2011 International Conference on Consumer Electronics, Communications and Networks, CECNet 2011 - Proceedings, 2984-2987: doi: 10.1109/CECNET.2011.5769501
Referensi Model ASSURE
- Baran, B. (2010). Experiences from the Process of Designing Lessons with Interactive Whiteboard: ASSURE as a Road Map. Contemporary Educational Technology, 1(4), 367-380. doi: 10.30935/cedtech/6039
- Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (1999). Instructional Media and Technologies for Learning (6th ed.). Upper Saddle River, NJ: Merrill.