Pentingnya Pendidikan Digital Citizenship (Sintesis dan Elaborasi Hasil Penelitian)
Akhir-akhir ini, istilah digital citizen atau yang dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan 'warga digital' sering dibicarakan seiring dengan populernya istilah literasi digital (digital literacy) dan literasi digital kritis (critical digital literacy). Apa itu digital citizens (warga digital)? Apa kata penelitian tentang digital citizens (warga digital)? Artikel berikut ini didedikasikan khusus untuk mengulas tentang temuan-temuan empiris dan teori saintifik terkait digital citizens (warga digital) berdasarkan diseminasi jurnal ilmiah sebagai bagian dari literasi digital (digital literacy) dan literasi digital kritis (critical digital literacy) dan peranannya dalam dunia pendidikan.
Definisi Digital Citizens (Warga Digital) Menurut Ahli, Praktisi, dan Peneliti
Konsep digital citizen atau warga digital merujuk kepada individu-individu yang memanfaatkan teknologi digital secara aktif dan bertanggung jawab untuk berinteraksi dalam komunitas digital. Konsep digital citizen meliputi penggunaan internet secara beretika dan kesadaran terhadap hak, kewajiban, dan keamanan, baik saat mengakses informasi maupun berkomunikasi melalui internet (Capuno, dkk., 2022). Berdasarkan informasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa modal utama seseorang untuk dapat dikategorikan sebagai seorang digital citizen adalah kemampuan untuk memahami pentingnya literasi digital (digital literacy), privasi data (data privacy), serta mampu menanggulangi dan memerangi hoaks atau berita palsu/bohong serta perundungan siber (cyberbullying).
Digital Citizens Education (Pendidikan Warga Digital)
Pentingnya isu tentang digital citizens menggiring banyak peneliti untuk mengkaji tentang pendidikan warga digital atau yang dalam Bahasa Inggris dikela dengan istilah digital citizens education (Kumari, Sachdeva & Verma, 2023). Dalam penelitian mereka, pengembangan kurikulum DCE (Digital Citizenship Education) yang dipersonalisasi sangat ditekankan agar remaja dapat berpartisipasi secara aman, etis, efektif, dan bertanggung jawab dalam komunitas digital. Menurut mereka, pendidikan digital citizenship merupakan keterampilan yang bertujuan untuk memastikan keterlibatan peserta didik dalam ranah daring yang aman dan untuk memaksimalkan penggunaan internet untuk kehidupan profesional.
Referensi Digital Citizenship
Berikut ini daftar referensi yang akan sangat berguna untuk Anda baca untuk mengenal lebih dalam tentang digital citizenship dan digital literacy.
Capuno, R., Suson, R., Suladay, D., Arnaiz, V., Villarin, I. & Jungoy, E. (2022). Digital citizenship in education and its implication. World Journal on Educational Technology: Current Issues. 14(2), 426-437. doi: 10.18844/wjet.v14i2.6952
Kumari, N., Sachdeva, M., & Verma, K. (2023). Examining the Need of Digital Citizenship Education for Adolescents in the Current Digital Landscape. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(11). doi: 10.33423/jhetp.v23i11.6228
Dunaway, M. (2021). The Effect of Digital Citizenship on Negative Online Behaviors and Learning Outcomes in Higher Education. Journal of Information Systems Education, 32(4), 294-307, ISSN 1055-3096
Ruenphongphun, P. (2021). Thai undergraduate digital citizenship skills education: A second-order confirmatory factor analysis. World Journal on Educational Technology: Current Issues, 13(3), 370-385, ISSN 1309-1506. doi: 10.18844/wjet.v13i3.5937
Tangül, H. (2021). Comparison of Students’ and Teachers’ Opinions Toward Digital Citizenship Education. Frontiers in Psychology, 12, ISSN 1664-1078. doi: 10.3389/fpsyg.2021.752059
Ollivier, C. (2021). When Language Education Meets Digital Citizenship. Lidil(63), ISSN 1960-6052. doi: 10.4000/LIDIL.9204
Becker, D. (2019). The digital citizen 2.0: Reconsidering issues of digital citizenship education. AAA - Arbeiten aus Anglistik und Amerikanistik, 44(2), 167-193, ISSN 0171-5410. doi: 10.2357/AAA-2019-0008
Sandoval, Z.V. (2019). DIGITAL CITIZENSHIP IN HIGHER EDUCATION STUDENTS. Issues in Information Systems, 20(4), 93-103, ISSN 1529-7314. doi: 10.48009/4_iis_2019_93-103
Costa, F.A. (2016). Digital literacy of adults education needs for the full exercise of citizenship. 2015 International Symposium on Computers in Education, SIIE 2015, 92-96. doi: 10.1109/SIIE.2015.7451655
Howard, P. (2015). Digital Citizenship in the Afterschool Space: Implications for Education for Sustainable Development. Journal of Teacher Education for Sustainability, 17(1), 23-34, ISSN 1691-4147. doi: 10.1515/jtes-2015-0002
Blevins, B. (2014). Citizenship education goes digital. Journal of Social Studies Research, 38(1), 33-44, ISSN 0885-985X. doi: 10.1016/j.jssr.2013.12.003
Farmer, L.S.J. (2013). Digital citizenship instruction in K-20 education. Handbook of Research on Teaching and Learning in K-20 Education, 281-299. doi: 10.4018/978-1-4666-4249-2.ch017