Hyflex Learning: Apa Kata Scopus?
Hyflex dalam HyFlex learning, akronim dari hybrid flexible learning, adalah model pembelajaran yang memadukan metode pembelajaran daring (online learning) dan tatap muka (onsite). Hyflex learning diklaim oleh banyak pihak dapat memberikan fleksibilitas kepada peserta didik untuk memilih mode belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka masing-masing.
Dalam HyFlex learning, peserta didik dapat mengikuti kelas secara langsung di ruang kelas, secara daring secara sinkron, atau mempelajari materi secara mandiri (asinkronus) melalui platform digital. Karakteristik utama dari hyflex learning ada pada fleksibilitas dan aksesibilitasnya dimana peserta didik dapat berpindah antara mode pembelajaran yang tersedia tanpa mengurangi kualitas atau hasil pembelajaran. Dengan demikian, mereka dapat menyesuaikan kehadiran dan pembelajaran mereka berdasarkan jadwal pribadi, kondisi kesehatan, preferensi belajar, atau berdasarkan alasan lainnya.
Hyflex learning ini juga membantu mengatasi batasan geografis dan memungkinkan akses pendidikan bagi siswa di lokasi yang jauh. Dalam pelaksanaan HyFlex, instruktur harus mempersiapkan materi yang dapat diakses dalam berbagai format dan memastikan semua siswa mendapatkan pengalaman pembelajaran yang setara, terlepas dari mode yang dipilih. Teknologi seperti Learning Management System (LMS), video conference, dan materi interaktif menjadi komponen penting untuk mendukung keberhasilan hyflex learning ini.
Keunggulan HyFlex Learning
Keuntungan dari HyFlex Learning adalah meningkatnya kemandirian dan otonomi siswa dalam proses belajar, yang dapat memotivasi mereka untuk lebih aktif mengatur waktu dan menetapkan prioritas. Selain itu, model ini memberikan solusi untuk menghadapi situasi darurat, seperti pandemi, karena peserta didik tetap dapat terlibat dalam pembelajaran tanpa batasan fisik. Namun, HyFlex juga menghadapi tantangan, terutama terkait kesiapan infrastruktur dan keterampilan digital baik dari pihak siswa maupun tenaga pengajar. Instruktur perlu beradaptasi dengan teknologi dan mengembangkan keterampilan baru dalam menyajikan materi secara efektif di berbagai format. Meskipun demikian, dengan perencanaan dan dukungan yang baik, HyFlex Learning dapat menjadi solusi efektif dalam menghadirkan pendidikan yang inklusif dan fleksibel.
20 Publikasi Terindeks Scopus Tentang HyFlex Learning
Berikut ini daftar rujukan yang dapat Anda baca terkait dengan HyFlex learning. Sumber-sumber berikut ini disadur dari publikasi terindeks Scopus.
- Choi, S. (2024). Face-to-face, online or HyFlex instruction? The effects of self-directed learning on stress reduction and student satisfaction among emerging adults. Journal of International Education in Business, ISSN 2046-469X: doi: 10.1108/JIEB-09-2023-0064
- Mahande, R.D. (2024). Exploring HyFlex learning modality through adaption-innovation theory for student learning equity. Online Journal of Communication and Media Technologies, 14(1), ISSN 1986-3497: doi: 10.30935/ojcmt/14170
- Mahande, R.D. (2024). Investigating the effect of learning styles on HyFlex learning towards equity of learning in higher education. Interactive Technology and Smart Education, 21(3), 442-460, ISSN 1741-5659: doi: 10.1108/ITSE-10-2023-0203
- Mentzer, N.J. (2023). The impact of interactive synchronous HyFlex model on student academic performance in a large active learning introductory college design course. Journal of Computing in Higher Education, ISSN 1042-1726: doi: 10.1007/s12528-023-09369-y
- Eshet, Y. (2023). Academic integrity in the HyFlex learning environment. Heliyon, 9(2), ISSN 2405-8440: doi: 10.1016/j.heliyon.2023.e13301
- Area-Moreira, M. (2023). HyFlex: Teaching and Learning in a Hybrid and Flexible Way in Higher Education. RIED-Revista Iberoamericana de Educacion a Distancia, 26(1), 141-161, ISSN 1138-2783: doi: 10.5944/ried.26.1.34023
- Wong, B.T.M. (2023). HyFlex Learning Research and Practice: A Longitudinal Analysis. Sustainability (Switzerland), 15(12), ISSN 2071-1050: doi: 10.3390/su15129699
- Calonge, D. Santandreu (2023). Hybrid Flexible (HyFlex) learning space design and implementation at graduate level: An iterative process. Cogent Education, 10(2), ISSN 2331-186X: doi: 10.1080/2331186X.2023.2277001
- Amirova, A. (2023). Effect of Using Hyflex Technology Learning on Preservice Teachers' Success and Attitudes. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 11(3), 623-642, ISSN 2147-611X: doi: 10.46328/ijemst.3309
- Nõuakas, K. (2023). Challenges of Hybrid Flexible (HyFlex) Learning on the Example of a University of Applied Sciences. Lecture Notes in Networks and Systems, 633, 257-268, ISSN 2367-3370: doi: 10.1007/978-3-031-26876-2_24
- Karapakdee, J. (2023). Hyflex Learning with Snoopathon for Metaverse. 4th Research, Invention, and Innovation Congress: Innovative Electricals and Electronics: Innovation for Better Life, RI2C 2023, 77-82: doi: 10.1109/RI2C60382.2023.10356005
- Amiruddin, A. (2023). Students’ technological skills and attitudes toward HyFlex learning: the mediating role of online self-regulated learning, blended learning perception, and preferred learning modes. Frontiers in Education, 8, ISSN 2504-284X: doi: 10.3389/feduc.2023.1258298
- Marantz, Z. (2023). Are Learning Styles Met Through HyFlex Modalities?. Proceedings - Frontiers in Education Conference, FIE, ISSN 1539-4565: doi: 10.1109/FIE58773.2023.10343374
- Vold, T. (2023). HyFlex Learning as Support for Lifelong Learning. Proceedings of the European Conference on e-Learning, ECEL, 2023, 358-363, ISSN 2048-8637
- Ghosh, S. (2023). Making a Case for HyFlex Learning in Design Engineering Classes. ASEE Annual Conference and Exposition, Conference Proceedings, ISSN 2153-5965,
- Chen, L.L. (2022). Designing Online Discussion for HyFlex Learning. International Journal of Educational Methodology, 8(1), 191-198, ISSN 2469-9632: doi: 10.12973/IJEM.8.1.191
- Mahande, R.D. (2022). A HyFlex learning measurement model based on students’ cognitive learning styles to create equitable learning. World Journal on Educational Technology: Current Issues, 14(5), 1469-1481, ISSN 1309-1506: doi: 10.18844/wjet.v14i5.7777
- Nasongkhla, J. (2022). A HyFlex-Flipped Class in Action Learning: A Connectivist MOOC for Creative Problem-Solving. Contemporary Educational Technology, 14(4), ISSN 1309-517X: doi: 10.30935/cedtech/12554
- Keiper, M.C. (2021). Student perceptions on the benefits of Flipgrid in a HyFlex learning environment. Journal of Education for Business, 96(6), 343-351, ISSN 0883-2323: doi: 10.1080/08832323.2020.1832431
- Li, Y. (2021). Discussions in the second language class: A case study of cooperative learning in a HyFlex course. Proceedings - 2021 10th International Conference of Educational Innovation through Technology, EITT 2021, 222-227: doi: 10.1109/EITT53287.2021.00051