Penggunaan LLMs (Large Language Models) dalam Pendidikan: Apa kata Scopus?
LLMs merupakan singkatan dari large language models. LLMs adalah model AI (artificial intelligence) yang mengusung pembelajaran mesin untuk menghasilkan teks atau umpan balik dengan kemampuan yang persis menyerupai bahasa manusia. Inovasi ini telah membawa perubahan besar pada kemampuan dan fungsi sistem AI. Salah satu contoh dari LLMs adalah ChatGPT yang dikembangkan oleh OpenAI. ChatGPT menggunakan menerapkan metode yang mampu mempelajari pola dan struktur bahasa dari berbagai teks yang tersedia dalam jumlah masif.
LLMs (large language models) berfungsi untuk menghasilkan teks yang menyerupai tulisan manusia berdasarkan input atau pertanyaan yang diberikan. Model ini mampu menciptakan teks yang kohesif dan responsif berdasarkan sumber data yang ia miliki.
Keunggulan LLMs
Berikut beberapa keunggulan utama dari LLMs.
Menghasilkan Teks yang Responsif dan Akurat
LLMs dapat menghasilkan teks yang narutal dan mudah dipahami karena diprogram secara khusus untuk menirukan bahasa manusia. Model ini mampu menafsirkan konteks dengan baik dan memberikan respons yang relevan, informatif, serta mampu memberikan pengalaman interaksi yang responsif.
Adaptif dan Responsif
LLMs dapat dipersonalisasi sesuai dengan keinginan penggunanya berdasarkan input atau masukan yang diberikan. Untuk memanfaatkan fitur ini, pengguna biasanya harus memberikan masukan yang jelas. Semakin banyak interaksi yang dilakukan, maka semakin adaptif LLMs dalam memberikan umpan balik.
Kontekstual
Sesuai dengan tujuan penciptaannya, LLMs secara sengaja dibuat untuk mampu memahami konteks berdasarkan interaksi pengguna. Fitur ini merupakan fitur unggulan dari sebuah LLMs dimana nyaris semua LLMs mengusung fitur ini sebagai fitur utama mereka. Sebut saja ChatGPT, Bard yang telah menjadi Gemini, Jenny, dan lain sebagainya.
20 Referensi Scopus tentang LLMs dalam Dunia Pendidikan
Telah banyak penelitian yang dilakukan terkait dengan penggunaan LLMs (large language models) dalam dunia pendidikan. Sebuah sekolah di London, Inggris, bahkan telah sukses menjalankan pendidikan berbasis AI tanpa guru pertama di dunia. Hal ini mengisyaratkan bahwa potensi AI untuk diintegrasikan ke dalam pendidikan sangatlah besar. Berikut ini disajikan 20 penelitian yang layak Anda baca untuk melengkapi pengetahuan Anda dan untuk menjawab rasa penasaran Anda tentang LLMs, khususnya dalam penggunaannya di domain pendidikan.
Catatan: Daftar rujukan berikut ini diambil dari database Scopus.
- Kianian, R. (2024). The Use of Large Language Models to Generate Education Materials about Uveitis. Ophthalmology Retina, 8(2), 195-201, ISSN 2468-6530. doi: 10.1016/j.oret.2023.09.008
- Xu, X. (2024). Opportunities, challenges, and future directions of large language models, including ChatGPT in medical education: a systematic scoping review. Journal of Educational Evaluation for Health Professions, 21, ISSN 1975-5937. doi: 10.3352/jeehp.2024.21.6
- Laupichler, M.C. (2024). Large Language Models in Medical Education: Comparing ChatGPT- to Human-Generated Exam Questions. Academic Medicine, 99(5), 508-512, ISSN 1040-2446. doi: 10.1097/ACM.0000000000005626
- Uribe, S.E. (2024). Artificial intelligence chatbots and large language models in dental education: Worldwide survey of educators. European Journal of Dental Education, ISSN 1396-5883. doi: 10.1111/eje.13009
- Liu, C. (2024). Application of large language models in engineering education: A case study of system modeling and simulation courses. International Journal of Mechanical Engineering Education, ISSN 0306-4190. doi: 10.1177/03064190241272728
- Barany, A. (2024). ChatGPT for Education Research: Exploring the Potential of Large Language Models for Qualitative Codebook Development. Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 14830, 134-149, ISSN 0302-9743. doi: 10.1007/978-3-031-64299-9_10
- Lin, M.P.C. (2024). Preliminary Systematic Review of Open-Source Large Language Models in Education. Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 14798, 68-77, ISSN 0302-9743. doi: 10.1007/978-3-031-63028-6_6
- Zuber, N. (2024). Vox Populi, Vox ChatGPT: Large Language Models, Education and Democracy. Philosophies, 9(1), ISSN 2409-9287. doi: 10.3390/philosophies9010013
- Tolner, N. (2024). The large language models in the service of education. Magyar Nyelvor, 148(5), 629-649, ISSN 0025-0236. doi: 10.38143/Nyr.2024.5.629
- Chen, Y. (2024). Dr.Academy: A Benchmark for Evaluating Questioning Capability in Education for Large Language Models. Proceedings of the Annual Meeting of the Association for Computational Linguistics, 1, 3138-3167, ISSN 0736-587X
- Nadel, P. (2024). Enabling access to large-language models (LLMs) at scale for higher education. PEARC 2024 - Practice and Experience in Advanced Research Computing 2024: Human Powered Computing. doi: 10.1145/3626203.3670577
- Liu, X. (2024). Evaluation of Online Large Language Models for Patient Education Regarding Chronic Low Back Pain. Pain Physician, 27(5), ISSN 1533-3159
- Caccavale, F. (2024). Towards Education 4.0: The role of Large Language Models as virtual tutors in chemical engineering. Education for Chemical Engineers, 49, 1-11, ISSN 1749-7728. doi: 10.1016/j.ece.2024.07.002
- Kang, R. (2024). Development of an Intelligent Health Education System Based on Large Language Model for Elderly Pulmonary Aspiration Prevention. Studies in Health Technology and Informatics, 315, 228-230, ISSN 0926-9630. doi: 10.3233/SHTI240141
- Ling, J. (2024). Automatic question-answer pairs generation using pre-trained large language models in higher education. Computers and Education: Artificial Intelligence, 6, ISSN 2666-920X. doi: 10.1016/j.caeai.2024.100252
- Li, Z. (2024). Large language models and medical education: a paradigm shift in educator roles. Smart Learning Environments, 11(1), ISSN 2196-7091. doi: 10.1186/s40561-024-00313-w
- Mavroudi, A. (2024). A Large Language Model Implementing an AI Assistant in a Higher Education Setting. CEUR Workshop Proceedings, 3685, ISSN 1613-0073
- Honório, J.J.C.M. (2024). Large Language Models in Civic Education on the Supervision and Risk Assessment of Public Works. International Conference on Computer Supported Education, CSEDU - Proceedings, 2, 27-38, ISSN 2184-5026. doi: 10.5220/0012589300003693
- Kasneci, E. (2023). ChatGPT for good? On opportunities and challenges of large language models for education. Learning and Individual Differences, 103, ISSN 1041-6080. doi: 10.1016/j.lindif.2023.102274
- Laato, S. (2023). AI-Assisted Learning with ChatGPT and Large Language Models: Implications for Higher Education. Proceedings - 2023 IEEE International Conference on Advanced Learning Technologies, ICALT 2023, 226-230. doi: 10.1109/ICALT58122.2023.00072